Manfaat Pancasila di Zaman Modern



Manfaat Pancasila di Zaman ModernManfaat Pancasila di Zaman Modern - Pancasila yang berarti Panca adalah Lima. Berarti Lima Sila. Nah Pancasila merupakan suatu kesatuan Ideologi dasar Hukum dan Peraturan di Indonesia. Pancasila juga merupakan Pedoman hidup bangsa Indonesia. Kita sebagai Bangsa Indonesia harus bangga dan mengamalkan Pancasila dikehidupan sehari - hari. Mari kita baca agar Pancasila melekat dihati kita :



Pancasila
  1. Ketuhanan yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Nah dari 5 sila itu Anda harus mengamalkannya. Nah di zaman modern ini pengamalan Pancasila sepertinya sudah mulai pudar di bangsa Indonesia, dilihat dari banyak rakyat Indonesia yang sudah tidak bersatu lagi, lalu banyak yang tidak adil, bahkan keadilan sosialpun kadang tidak didapatkan. Tapi saya yakin suatu saat nanti Indonesia bakal bersatu dan berjaya.

Di Era Informatika ini Penerapan Pancasila harus ditanamkan sejak dini agar bangsa Indonesia ini kedepannya baik, tidak seperti sekarang yang kebanyakan dari "Mereka" telah mengabaikan Pancasila walau mereka bisa dibilang terhormat. Kalau Pancasila ini diterapkan digenerasi muda ini mungkin kedepannya Indonesia akan maju. Dengan adanya Internet Indonesia bahkan Duniapun serasa sempit, kita bisa berinteraksi dimanapun tanpa Anda harus berpergian.

Akan tetapi dengan adanya fasilitas Internet banyak anak muda sekarang mulai terjerumus ke budaya barat, bahkan hampir mengabaikan budaya pancasila. Seperti contohnya banyak anak muda yang mudah terpancing emosi dan terjadilah tauran. Ini sebenarnya tidak akan terjadi jika mereka menyadari bahwa ada poin penting di Pancasila yang mengharuskan mereka bersatu. Apa dengan perkelahian akan menyelesaikan masalah? Untuk menyelesaikan masalah bisa menggunakan Poin ke 4 ini tapi terkadang Poin ke 4 ini jarang digunakan oleh Anak Muda sekarang.

Sebenarnya banyak budaya Pancasila yang positif contohnya seperti penggalangan dana untuk korban merapi, kasus prita, dll. Dengan adanya Internet di Era Informatika ini banyak anak muda yang bersatu juga untuk menggalang dana. Ketika kita sedang menonton bola dan berharap Indonesia menang itu sudah termasuk Persatuan Indonesia dan sangat kental sekali ketika semua bangsa Indonesia menyanyikan lagu "Garuda Didadaku" bersama - sama.

Di Era Informatika ini juga banyak bermunculan komunitas - komunitas yang menjunjung tinggi Pancasila seperti halnya kaskus.us, komunitas ini mempersatukan bangsa Indonesia tanpa memandang SARA (Suku Agama Ras Adat). Walau terkadang konflik dari orang yang tidak menginginkan Indonesia bersatu ini menyebabkan profokasi di forum tersebut tapi ada satpam atau moderator yang mulai mengatur kembali agar tidak terjadi hal tersebut. Dari Komunitas tersebut generasi muda mulai belajar banyak dari sana, tentang kebersamaan dan solidaritas.

Sayapun berharap agar Generasi Muda sekarang mulai budayakan Pancasila, budaya Pancasila berbeda dengan budaya - budaya lain. Budaya Pancasila menerapkan moral dan spiritual. Kalau budaya Pancasilanya kurang mungkin dia akan mudah dibudayakan oleh budaya bangsa lain. Bahkan Moammar Khadafi berkata "Bangsa yang nasionalismenya hancur adalah sasaran empuk untuk dirusak bangsa lain". Jadi mari kita bangga dengan Indonesia dan Budayakan Pancasila. Jangan berfikir untuk apa yang kita dapatkan dari Indonesia, dan mulailah berfikir untuk apa yang kita berikan untuk Indonesia!

Artikel ini untuk :
Manfaat Pancasila di Zaman Modern


▂ ▃ ▅ ▆ █ Baca Juga Artikel █ ▆ ▅ ▃ ▂

Tulisan "Manfaat Pancasila di Zaman Modern" bebas Anda sebarluaskan asal anda menyertakan link asli sumber tulisan

Dengan mengisi email Anda dibawah ini maka anda akan mendapatkan artikel terbaru dari ItsMeFurZy.blogspot.com

Langganan di ItsMeFurZy.Blogspot.Com Free
Rate this
Category: Date : 18.16

0 komentar:

Posting Komentar

Tulislah komentar dengan bijak dan jangan melakukan SPAM karena komentar anda sangat dibutuhkan bagi saya.