[Tutorial] Jass Trigger Part 1



Part 1 Pengenalan Jass Trigger

Note : Bagi yang baru kenal Jass baca dari atas sampai bawah ya ^.^

1.Introduction

x:"KK ItsMeFurZy Jass itu apa ya?"
y:"Jass adalah Trigger yang menggunakan convert text dan 100% beda dengan GUI,
dan juga banyak fitur baru dari Jass."
x:"Oww Jass gitu toh. Tapi bedanya GUI apa ya?
y:"Jass itu di buatnya harus pakai Convert to Custom Text dan di tulis trigger dengan
tulisan khusus Jass Triggering dan Jass fiturnya sama kaya DOS."

Kesimpulan : Jass adalah bahasa skrip yang di gunakan untuk membuat peta warcraft III
Jass di buat dari Convert to Custom Text dan command - commandnya di buat
dari tulisan seperti DOS pada komputer, dan juga banyak command - command
khusus yang dapat menjadikan function trigger stack!
Bahasa" Jass itu Khusus dan sangat case-sensitive jika salah kata/huruf
besar maupun kecil akan error.

2.Hal" yang di butuhkan

-Air Putih, Kopi, Susu, Teh atau minuman lainnya.
-Cemilan
-Korek (buat bakar kompi kalo gagal atau error)
Serius ahhh
-World Editor (WE) NewGen Pack (JNGP).
-Memori otak 20% dari fullnya.
-Keyboard.

3.Triggering

-Buat trigger dengan nama (bebas)
-Buat condition dan Eventnya (kalo kaga mau ribet pas di Jassnya)
-convert ke custom text.(alt + E trus X)
-Nanti muncul seperti ini (ex = Trigger : Heaven Strike)
Action : Unit - A unit Starts the effect of an ability
Condition : (Ability being cast) Equal to Heaven Strike)
[code]function Trig_Heaven_Strike_Conditions takes nothing returns boolean
if ( not ( GetSpellAbilityId() == 'A000' ) ) then
return false
endif
return true
endfunction

function Trig_Heaven_Strike_Actions takes nothing returns nothing
endfunction

//===========================================================================
function InitTrig_Heaven_Strike takes nothing returns nothing
set gg_trg_Heaven_Strike = CreateTrigger( )
call TriggerRegisterAnyUnitEventBJ( gg_trg_Heaven_Strike, EVENT_PLAYER_UNIT_SPELL_EFFECT )
call TriggerAddCondition( gg_trg_Heaven_Strike, Condition( function Trig_Heaven_Strike_Conditions ) )
call TriggerAddAction( gg_trg_Heaven_Strike, function Trig_Heaven_Strike_Actions )
endfunction
[/code]
Maksud" dari:
[QUOTE]- function Trig_Heaven_Strike_Conditions takes nothing returns boolean
if ( not ( GetSpellAbilityId() == 'A000' ) ) then
return false
endif
return true
endfunction[/QUOTE]

*Itu function Conditions triggernya.
*'A000' Raw code ability (bisa di lihat dengan Klik object editor tekan CTRL + D).

- function Trig_Heaven_Strike_Actions takes nothing returns nothing
endfunction

*Itu function Actions triggernya tempat mengetik action pada suatu trigger.

[QUOTE]function InitTrig_Heaven_Strike takes nothing returns nothing
set gg_trg_Heaven_Strike = CreateTrigger( )
call TriggerRegisterAnyUnitEventBJ( gg_trg_Heaven_Strike, EVENT_PLAYER_UNIT_SPELL_EFFECT )
call TriggerAddCondition( gg_trg_Heaven_Strike, Condition( function Trig_Heaven_Strike_Conditions ) )
call TriggerAddAction( gg_trg_Heaven_Strike, function Trig_Heaven_Strike_Actions )
endfunction[/QUOTE] *Itu function Initialization trigger (WARNING = InitTrig_Heaven_Strike jangan di ganti bila tidak memakai
Scope initialization (nama function event)
*set gg_trg_Heaven_Strike itu nama trigger aslinya
*call TriggerRegisterAnyUnitEventBJ( gg_trg_Heaven_Strike, EVENT_PLAYER_UNIT_SPELL_EFFECT )
+untuk menregister Event
*call TriggerAddCondition( gg_trg_Heaven_Strike, Condition( function Trig_Heaven_Strike_Conditions ) )
+untuk menregister Condition
*call TriggerAddAction( gg_trg_Heaven_Strike, function Trig_Heaven_Strike_Actions )
+untuk menregister Action

4. Kelebihan Jass

-Mengurangi memory pada Map karena beberapa trigger dapat di jadikan satu
-Mudah untuk membuat/mengedit variable
-Kamu bisa mengcontrol lebih conditions dan loops
-Bisa menggunakan local variable
-Kalian bisa menggunakan function kalian
-Tidak semua function di JASS ada di GUI
-Game akan lebih halus(Not Sure)
-Tulisan/Code akan lebih sedikit


▂ ▃ ▅ ▆ █ Baca Juga Artikel █ ▆ ▅ ▃ ▂

Tulisan "[Tutorial] Jass Trigger Part 1" bebas Anda sebarluaskan asal anda menyertakan link asli sumber tulisan

Dengan mengisi email Anda dibawah ini maka anda akan mendapatkan artikel terbaru dari ItsMeFurZy.blogspot.com

Langganan di ItsMeFurZy.Blogspot.Com Free
Rate this
Category: Date : 15.56

0 komentar:

Poskan Komentar

Tulislah komentar dengan bijak dan jangan melakukan SPAM karena komentar anda sangat dibutuhkan bagi saya.