Note : Bagi yang baru kenal Jass baca dari atas sampai bawah ya ^.^
1.Introduction
x:"KK ItsMeFurZy Jass itu apa ya?"
y:"Jass adalah Trigger yang menggunakan convert text dan 100% beda dengan GUI,
dan juga banyak fitur baru dari Jass."
x:"Oww Jass gitu toh. Tapi bedanya GUI apa ya?
y:"Jass itu di buatnya harus pakai Convert to Custom Text dan di tulis trigger dengan
tulisan khusus Jass Triggering dan Jass fiturnya sama kaya DOS."
Kesimpulan : Jass adalah bahasa skrip yang di gunakan untuk membuat peta warcraft III
Jass di buat dari Convert to Custom Text dan command - commandnya di buat
dari tulisan seperti DOS pada komputer, dan juga banyak command - command
khusus yang dapat menjadikan function trigger stack!
Bahasa" Jass itu Khusus dan sangat case-sensitive jika salah kata/huruf
besar maupun kecil akan error.
2.Hal" yang di butuhkan
-Air Putih, Kopi, Susu, Teh atau minuman lainnya.
-Cemilan
-Korek (buat bakar kompi kalo gagal atau error)
Serius ahhh
-World Editor (WE) NewGen Pack (JNGP).
-Memori otak 20% dari fullnya.
-Keyboard.
3.Triggering
-Buat trigger dengan nama (bebas)
-Buat condition dan Eventnya (kalo kaga mau ribet pas di Jassnya)
-convert ke custom text.(alt + E trus X)
-Nanti muncul seperti ini (ex = Trigger : Heaven Strike)
Action : Unit - A unit Starts the effect of an ability
Condition : (Ability being cast) Equal to Heaven Strike)
[code]function Trig_Heaven_Strike_Conditions takes nothing returns boolean
if ( not ( GetSpellAbilityId() == 'A000' ) ) then
return false
endif
return true
endfunction
function Trig_Heaven_Strike_Actions takes nothing returns nothing
endfunction
//===========================================================================
function InitTrig_Heaven_Strike takes nothing returns nothing
set gg_trg_Heaven_Strike = CreateTrigger( )
call TriggerRegisterAnyUnitEventBJ( gg_trg_Heaven_Strike, EVENT_PLAYER_UNIT_SPELL_EFFECT )
call TriggerAddCondition( gg_trg_Heaven_Strike, Condition( function Trig_Heaven_Strike_Conditions ) )
call TriggerAddAction( gg_trg_Heaven_Strike, function Trig_Heaven_Strike_Actions )
endfunction
[/code]
Maksud" dari:
[QUOTE]- function Trig_Heaven_Strike_Conditions takes nothing returns boolean
if ( not ( GetSpellAbilityId() == 'A000' ) ) then
return false
endif
return true
endfunction[/QUOTE]
*Itu function Conditions triggernya.
*'A000' Raw code ability (bisa di lihat dengan Klik object editor tekan CTRL + D).
- function Trig_Heaven_Strike_Actions takes nothing returns nothing
endfunction
*Itu function Actions triggernya tempat mengetik action pada suatu trigger.
[QUOTE]function InitTrig_Heaven_Strike takes nothing returns nothing
set gg_trg_Heaven_Strike = CreateTrigger( )
call TriggerRegisterAnyUnitEventBJ( gg_trg_Heaven_Strike, EVENT_PLAYER_UNIT_SPELL_EFFECT )
call TriggerAddCondition( gg_trg_Heaven_Strike, Condition( function Trig_Heaven_Strike_Conditions ) )
call TriggerAddAction( gg_trg_Heaven_Strike, function Trig_Heaven_Strike_Actions )
endfunction[/QUOTE] *Itu function Initialization trigger (WARNING = InitTrig_Heaven_Strike jangan di ganti bila tidak memakai
Scope initialization (nama function event)
*set gg_trg_Heaven_Strike itu nama trigger aslinya
*call TriggerRegisterAnyUnitEventBJ( gg_trg_Heaven_Strike, EVENT_PLAYER_UNIT_SPELL_EFFECT )
+untuk menregister Event
*call TriggerAddCondition( gg_trg_Heaven_Strike, Condition( function Trig_Heaven_Strike_Conditions ) )
+untuk menregister Condition
*call TriggerAddAction( gg_trg_Heaven_Strike, function Trig_Heaven_Strike_Actions )
+untuk menregister Action
4. Kelebihan Jass
-Mengurangi memory pada Map karena beberapa trigger dapat di jadikan satu
-Mudah untuk membuat/mengedit variable
-Kamu bisa mengcontrol lebih conditions dan loops
-Bisa menggunakan local variable
-Kalian bisa menggunakan function kalian
-Tidak semua function di JASS ada di GUI
-Game akan lebih halus(Not Sure)
-Tulisan/Code akan lebih sedikit
▂ ▃ ▅ ▆ █ Baca Juga Artikel █ ▆ ▅ ▃ ▂
Tulisan "[Tutorial] Jass Trigger Part 1" bebas Anda sebarluaskan asal anda menyertakan link asli sumber tulisan
Dengan mengisi email Anda dibawah ini maka anda akan mendapatkan artikel terbaru dari ItsMeFurZy.blogspot.com
0 komentar:
Posting Komentar
Tulislah komentar dengan bijak dan jangan melakukan SPAM karena komentar anda sangat dibutuhkan bagi saya.