1.Introduction
Kata" pada Jass Trigger sangatlah berbeda dengan GUI. Di GUI kita tidak mengenal
namanya Function, Call, Local dll. Karena di GUI hanya ada Event, Condition, Action.
nah di sini saya akan bahas beberapa kata"/bahasa pada Jass Trigger.
2.Macam" Bahasa/kata pada Jass Trigger
A. Function
Function adalah code yang biasa untuk di execute/call. Contoh saya akan buat string
yang bertuliskan "Jass Trigger" selama 20 detik untuk semua player
[code]function Jass Trigger takes nothing returns nothing
call DisplayTimedTextToForce(bj_FORCE_ALL_PLAYERS,20,"Jass Trigger")
endfunction [/code]
Di GUI kita mengenal dengan Display to (All players) for 20.00 seconds the text: TEXT
sangatlah berbeda dengan Jass yang baru saja kita buat.
Function biasa di tulis dengan
function takes ** returns **
endfunction
Setelah kata "takes" itu akan menentukan apa yang kita pakai dalam function
tersebut. Semua bisa di "takes di function termasuk local variable di dalam function.
Catatan : Setiap menuliskan function harus di akhiri dengan endfunction
B. Call
Call adalah kata perintah untuk menjalankan suatu command dan dapat juga menjalankan
function yang telah kita buat.
Contoh untuk menjalankan Function:
call (nama setelah "function")
Contoh yang sudah di buat:
function Jass Trigger takes nothing returns nothing
endfunction
call Jass Trigger()
simbol () menandakan function Jass Trigger takes nothing
Contoh untuk menjalankan Command:
[code]function Jass Trigger takes nothing returns nothing
call DisplayTimedTextToForce(bj_FORCE_ALL_PLAYERS,20,"Jass Trigger")
endfunction [/code]
kata Call untuk memanggil Text untuk Force.
Contoh untuk menjalankan Function dan command
[code]function Jass Trigger takes real r returns nothing
call DisplayTimedTextToForce(bj_FORCE_ALL_PLAYERS,r,"Jass Trigger")
endfunction [/code]
Untuk menjalankan function tersebut ketik
Jass Trigger(r) ex: Jass Trigger(20)
berarti kata" Jass Trigger di tampilkan selama 20 detik.
C. IF
if dalam kata indonesia adalah "Jika" dalam Jass Trigger. If digunakan
untuk melakukan Action jika Conditionsnya TRUE atau FALSE. Syntax/penulisannya
if..then..else.. kalau GUI juga If..Then..Else..
Contoh :
[code]if
x == 20
then
call DisplayTimedTextToForce(bj_FORCE_ALL_PLAYERS,20,"Jass Trigger")
else[/code]
Artinya bila integer x sama dengan 20 maka akan muncul kalimat "Jass Trigger"
selama 20 detik.
D. ELSEIF
Sama seperti if tetapi elseif bisa lebih dari 1 condition
Contoh :
[code] if X==1 then
call DisplayTimedTextToForce(bj_FORCE_ALL_PLAYERS,30,"X is equal to 1")
elseif X==2 then
call DisplayTimedTextToForce(bj_FORCE_ALL_PLAYERS,30,"X is equal to 2")
elseif X==3 then
call DisplayTimedTextToForce(bj_FORCE_ALL_PLAYERS,30,"X is equal to 3")
else
call DisplayTimedTextToForce(bj_FORCE_ALL_PLAYERS,30,"X is NOT equal to 1, 2, or 3.")
endif [/code]
E. Loops
Loops di gunakan untuk mengcall action beberapa kali atau sampai exitwhen bertemu.
Exitwhen harus berada di antara Loop dan EndLoop. Cara menggunakan loop tulis "loop"
lalu "exitwhen" dan di akhiri dengan endloop. Dan jika exitwhen memakai integer harus
di tambahi (variable integer) + 1
Contoh :
[code] loop
exitwhen i > 5
call DisplayTimedTextToForce(bj_FORCE_ALL_PLAYERS,20,"Jass Trigger")
set i = i + 1
endloop[/code]
Action itu akan mengcall string "Jass Trigger" sampai 5 kali.
▂ ▃ ▅ ▆ █ Baca Juga Artikel █ ▆ ▅ ▃ ▂
Tulisan "[Tutorial] Jass Trigger Part 2" bebas Anda sebarluaskan asal anda menyertakan link asli sumber tulisan
Dengan mengisi email Anda dibawah ini maka anda akan mendapatkan artikel terbaru dari ItsMeFurZy.blogspot.com
0 komentar:
Posting Komentar
Tulislah komentar dengan bijak dan jangan melakukan SPAM karena komentar anda sangat dibutuhkan bagi saya.